Serupa Tapi Tak Sama... Definisi Hacker Dan Cracker

Pada kesempatan kali ini SN akan memberikan sedikit pengetahuan tentang definisi Hacker dan Cracker yang selalu menjadi kontroversi. Namun sebelum itu, silahkan temen-temen buka komputer atau laptop yang temen-temen punya. Kemudian hidupkan komputer atau laptop temen-temen, lalu jalankan aplikasi Microsoft Word dan setelah terbuka coba temen-temen ketikkan perintah berikut ini =rand.old ()

Silahkan temen-temen takan Enter lihat apa yang akan terjadi.

Bila kita pikir secara logika seharusnya ketika kita tekan Enter tidak ada yang berubah. Namun apa yang temen-temen dapat setelah menekan Enter? pasti yang tampil adalah teks di bawah ini.

The quick brown fox jumps over the lazy dog. The quick brown fox jumps over the lazy dog. The quick brown fox jumps over the lazy dog.

Itu hanya sebagian dari banyak rahasia yang ada dalam dunia komputer. Hal yang temen-teman lakukan diatas disebut dengan istilah easter egg. Seperti yang temen-temen lihat teks diatas mungkin terlihat biasa-biasa saja, namun untuk bisa menemukan kode rahasia tersebut butuh proses pembelajaran.

Sama halnya dengan Hacking, bagaimana cara menyusup ke sebuah komputer atau system orang lain? semua itu membutuhkan kreativitas dari pada teknis.

Sekarang admin akan memberikan dua kode untuk temen-temen coba lagi, tuliskan di komentar apa yang temen-temen dapat dari kode tersebut.

"=rand(1,1)"

"=lorem()"

Ketik kode tersebut tanpa menggunakan tanda kutip.

Dalam hal ini mungkin tidak ada hubungannya dengan hacking, namun dari hal tersebut terdapat pesan moral yang dapat kita ambil yaitu setiap program pasti memiliki kelemahan. Kelemahan, kejanggalan dan kesalahan sistem selalu digunakan untuk aksi hacking.


Definisi Hacker dan Cracker
Definisi Hacker dan Cracker


Definisi Hacker dan Cracker

Definisi versi admin, Hacking adalah sebuah proses dimana kita menyusup ke dalam sistem seseorang, namun tidak melakukan perubahan atau perusakan dalam sistem tersebut. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan hacking disebut Hacker.

Carcking adalah proses dimana seseorang menyusup ke sistem orang lain dan melakukan perusakan serta perubahan terhadap sistem tersebut. Orang yang melakukan hal cracking disebut Cracking.


Definisi versi RFC 1392, tentang Internet User Glossary. Hacker adalah individu yang tertarik untuk mendalami secara khusus cara kerja suatu internal sistem, komputer, dan jaringan. Sedangkan Cracker adalah individu yang (memaksa) untuk masuk ke suatu sistem dengan sengaja tanpa ijin untuk melakukan hal yang buruk. Sumber : RFC 1392.

Dari dua istilah di atas sering disalahartikan dan menganggapnya sama. Padahal, prinsip keduanya jelas-jelas berbeda.

Semoga artikel ini dapat membantu temen-temen yang masih bingung apa perbedaan Hacker dan Cracker yang selalu disalahartikan. Artikel ini di buat sebagai pendahuluan untuk menulis artikel-artikel tentang dunia underground, silahkan temen-temen beri komentar. Baik dan buruknya komentar temen-temen dapat menjadi pertimbangan admin ke depannya dalam menulis artikel underground lagi.

0 Response to "Serupa Tapi Tak Sama... Definisi Hacker Dan Cracker"

Post a Comment